Kerja Sama Dengan BP PAUD DIKMAS NTT, Direktorat PAUD Laksanakan Bimtek Daring Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

KUPANG – Penyebaran pandemi Corona virus Disease (COVID-19) menyebabkan perubahan pada banyak tatanan kehidupan termasuk proses pembelajaran. Pembelajaran yang semula dilaksanakan di satuan Pendidikan, termasuk PAUD, beralih kepada pembelajaran yang dilangsungkan di rumah. Tentu saja, tidak semua pendidik PAUD maupun orangtua siap dengan situasi dan kondisi ini.

Kebijakan pemerintah yang dikeluarkan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona melalui Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020, mewajibkan agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah, baik bagi guru maupun peserta didik. Untuk mendukung kebijakan ini, maka guru harus siap dengan strategi yang tepat agar anak tetap dapat melakukan kegiatan belajar dari rumah dalam jangka waktu yang belum dapat ditentukan.

Untuk memaksimalkan fasilitasi bagi perkembangan bagi anak, maka Pemerintah menaruh harapan besar terhadap peran guru dalam pembelajaran daring ini. Kondisi saat ini, banyak guru belum memahami teknis dan strategi belajar daring, mulai dari mengoperasikan komputer, mengakses jaringan internet hingga kesulitan mengkomunikasikan pesan kepada orangtua. Keterbatasan pemahaman juga menjadi kendala bagi guru untuk memberikan pilihan kegiatan pembelajaran, menyusun perencanaan, penilaian pembelajaran yang sederhana, tepat dan sesuai untuk diterapkan anak di rumah didampingi oleh orangtua atau anggota keluarga lainnya. Di sisi lain, keluhan juga datang dari orangtua, yaitu kesulitan mendampingi anak belajar karena belum paham caranya, tidak biasa menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran anak, serta tidak memahami maksud pesan yang disampaikan guru.

Berdasarkan kendala dan kebutuhan tersebut diatas, maka Direktorat PAUD bersama 29 PP/BP PAUD dan Dikmas, termasuk BP PAUD dan Dikmas NTT, mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Dalam Jaringan Bagi Guru, Mitra, dan Penilik PAUD dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah untuk memaksimalkan potensi dan peran guru serta orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Tidak ada satupun yang siap menghadapi pandemic ini. Yang bisa kita lakukan hanya memberikan yang terbaik untuk anak-anak didik kita.” kata Direktur Pendidikan Anak Usia Dini,  Dr. Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Pd. saat pemaparan materi Kebijakan Direktorat PAUD pada Sabtu (27/06/2020).

Kegiatan Bimbingan Teknis Dalam Jaringan Bagi Guru, Mitra, dan Penilik PAUD dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah dilaksanakan selama 6 (enam) hari dari tanggal 22 hingga 27 Juni 2020. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas NTT, Maria B. Advensia, S.H., M.Hum. dan didampingi oleh Kepala Seksi Pengembangan Program dan Sumber Daya, Maria Ngongo, S.Sos.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD dalam memahami pentingnya bermain bagi anak, merancang dan memfasilitasi kegiatan bermain anak di rumah yang bermuatan matematika, sains, bahasa, seni kriya, dan musik, menyusun RPP sederhana dalam pelaksanaan belajar dari rumah, penilaian hasil belajar anak selama belajar dari rumah, meningkatkan kapasitas pendidik dalam membangun komunikasi efektif dengan orangtua, meningkatkan kompetensi pendidik dalam melaksanakan dukungan psikologi awal anak, memberikan pengasuhan positif, dan yang terakhir untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam menggunakan media daring.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan peserta adalah unsur Dinas Pendidikan (Penilik/Pengawas), Pamong Belajar SKB, dan Organisasi Mitra Guru di 22 Kabupaten/Kota yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Narasumber berasal dari Direktorat PAUD, PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, dan BP PAUD dan Dikmas NTT.

Hari pertama, Senin (22/06/2020), dilaksanakan 2 pemaparan materi. Materi pertama disampaikan selama 2 JP oleh Pengelola Kurikulum Direktorat PAUD, Elis Widiyawati, dengan materi Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua dipaparkan oleh Direktorat PAUD, dr. Retno Wulandari, M.KM., selama 2 JP dengan materi Mengembangkan Seni Kriya Menyenangkan di Rumah.

Pada hari kedua, Selasa (23/06/2020), dilaksanakan 2 pemaparan materi. Materi pertama disampaikan oleh Pengelola Kurikulum Direktorat PAUD, Eko Tri Rakhmawati, S.Pd., selama 2 JP dengan materi Bermain Matematika. Kemudian dilanjutkan dengan materi Tips Bermain Sains oleh Pamong Belajar Madya PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Rochaeni Esa Ganesa, selama 2 JP.

Rabu (24/06/2020) dilaksanakan 2 pemaparan materi seperti hari pertama dan kedua, masing-masing selama 2 JP. Materi pertama disampaikan oleh Pamong Belajar Madya BP PAUD dan Dikmas NTT, Ir. Maria Goreti Mei Bembot, M.M. Materi kedua dipaparkan oleh Pamong Belajar Madya BP PAUD dan Dikmas NTT, Dra. Aksamina Taihutu, dengan materi Dukungan Psikologi Positif.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D., memberikan arahan tentang pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR), pada Kamis (24/06/2020). Arahan ini sekaligus memberikan jawaban dan solusi atas kendala yang dialami selama dilaksanakan Belajar Dari Rumah (BDR) yakni kurangnya kompetensi pedagogik dan TIK Guru PAUD. Peserta pada arahan ini berasal dari Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Setelah arahan dari Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D., BP PAUD dan Dikmas NTT melanjutkan pemaparan mater di hari keempat ini. Materi pertama disampaikan oleh Ir. Maria Goreti Mei Bembot, M.M. dengan materi Pengasuhan Positif. Setelah itu dilanjutkan dengan materi Tips Menyusun RPP Sederhana oleh Widyaprada Ahli Madya sekaligus Koordinator Fungsi Direktorat PAUD, Dra. Lestari Koesoemawardhani, M.Hum. Masing-masing selama 2 JP.

Pada hari kelima, Jumat (25/06/2020), dilaksanakan 2 pemaparan materi, masing-masing selama 2 JP. Materi pertama oleh Pamong Belajar Madya, Rini Astuti, S.Pd., M.M dengan materi Tips Menilai Hasil Belajar Anak. Dilanjutkan dengan materi Komunikasi Efektif oleh Pamong Belajar Madya, Dra. Aksamina Taihutu.

Hari terakhir Bimtek Daring ini, dilaksanakan 3 pemaparan materi. Materi pertama disampaikan oleh Narasumber Utama yakni oleh Direktur PAUD, Dr. Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Pd. Direktur PAUD menyampaikan materi Kebijakan Direktorat PAUD dalam pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR). Setelah pemaparan materi dari Direktur PAUD, dilanjutkan dengan materi Bermain Musik dan Gerak oleh Lektor/Dosen Universitas Pendidikan Indonesia, Dr.phil Leli Kurniawati, S.Pd, M.Mus. Materi terkakhir disampaikan oleh Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Edi Suswantoro.

Kegiatan ini diharapkan meningkatnya kompetensi peserta dalam memahami pentingnya bermain bagi anak; merancang kegiatan bermain anak di rumah yang bermuatan matematika, sains, bahasa, seni kriya, dan music; menyusun RPP sederhana dalam pelaksanaan belajar dari rumah; melaksanakan penilaian hasil belajar anak selama belajar dari rumah; membangun komunikasi efektif dengan orangtua; melaksanakan dukungan psikologi awal anak; memberikan pengasuhan positif; serta menggunakan media daring.

Diunggah oleh Tim Laman BP PAUD dan Dikmas NTT

Statistik Pengunjung

4.png2.png2.png1.png9.png
Today148
Yesterday311
This week1420
This month6513
Total42219

Who Is Online

1
Online