Tiga Hal Yang Harus Anda Ketahui Untuk Pencegahan Virus Corona, SIlahkan Kunjungan Laman Resmi di https://www.covid19.go.id

KUPANG – Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Timur (BP PAUD dan Dikmas NTT) turut mendampingi kunjungan kerja Komisi X DPR RI yang membidangi bidang Pendidikan, Olahraga dan Sejarah, dalam rangka Kunjungan Kerja Spesifik pada Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019-2020 di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (24/1/2020).

Pada kegiatan Kunjungan Kerja Spesifik yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP., Komisi X DPR RI juga hadir bersama Pejabat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Selain BP PAUD dan Dikmas NTT, Komisi X DPR RI juga didampingi oleh Wakil Walikota Kupang, Dr. Hermanus Man; Penjabat Sekda Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, M.Si.; Kepala LPMP NTT, Drs. H. Muh. Irfan, M.M.; Kepala Kantor Bahasa NTT, Valentina Lovina Tanate, S.Pd.; Asisten III, Ir. Eduard John Pelt; Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Drs. Dumuliahi Djami; dan Ketua Lembaga Kursus dan Pelatihan, Mery Mesah.

Agenda Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI adalah Penyelenggaraan Pendidikan NonFormal-Informal (PNFI) pada Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019-2020. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui komitmen Pemda Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pendidikan NonFormal-Informal/Pendidikan Masyarakat. Selain itu Komisi X DPR RI juga ingin mengetahui koordinasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota dalam pelaksanaan layanan PNFI/Dikmas.

Kedatangan Komisi X DPR RI juga terkait dengan Peraturan Presiden No 82 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 45 Tahun 2019 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbud. Kunjungan kerja ini untuk mengetahui apakah para pemangku kepentingan telah memahami substansi yang dikandung dan apa dampak kebijakan tersebut terhadap pelaksanaan layanan PNFI/Dikmas di Nusa Tenggara Timur.

Terdapat beberapa instansi/lembaga yang dikunjungi oleh Komisi X DPR RI diantaranya Rektorat Undana (bertemu dengan Dosen Pendidikan Luar Sekolah, Dosen Pendidikan Anak Usia Dini, dan juga beberapa mahasiswa), Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef, PKBM Bintang Flobamora, SKB Kota Kupang, dan LKP Salon Arlis.

Melalui kunjungan kerja ini pihak Komisi X DPR RI bermaksud mengetahui secara langsung kebutuhan di Nusa Tenggara Timur, salah satunya perkembangan penyelenggaraan PNFI/Dikmas terkait ketersediaan pendidik, kualitas pendidik, fasilitas pendidikan dan peserta didik SPNF SKB, PKBM, dan LKP.

Hasil kunjungan kerja di Nusa Tenggara Timur akan dirangkum dan menjadi bahan follow up dengan Mitra Komisi X DPR RI melalui berbagai kesempatan dan salah satunya pada Rapat Kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.