Tiga Hal Yang Harus Anda Ketahui Untuk Pencegahan Virus Corona, SIlahkan Kunjungan Laman Resmi di https://www.covid19.go.id

BP PAUD Dan Dikmas NTT Laksanakan Workshop Penerapan Model PAUD Dan Dikmas Tahun 2020

KUPANG – Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Timur (BP PAUD dan Dikmas NTT) melaksanakan Workshop Penerapan Model PAUD dan Dikmas Tahun 2020. Workshop dilaksanakan di Aula Utama BP PAUD dan Dikmas NTT pada Senin hingga Rabu, 17-19 Februari 2020.

Workshop Penerapan Model PAUD dan Dikmas dibuka secara langsung oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas NTT, Maria B. Advensia, SH., M.Hum., didampingi oleh Kepala Sub Bagian Umum, Felipus Merukh, SH., Kepala Seksi Pengembangan Program dan Sumber Daya, Maria Ngongo, S.Sos., dan Koordinator Pamong Belajar, Drs. Abdul Hamid, M.Pd.

Peserta yang mengikuti kegiatan Workshop Penerapan Model PAUD dan Dikmas Tahun 2020 adalah Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal dari setiap Kabupaten/Kota se-NTT dan Kepala Satuan Pendidikan Non Formal atau Kepala Sanggar Kegiatan Belajar se-NTT

BP PAUD dan Dikmas NTT yang diatur dalam Permendikbud No 5 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja BP PAUD dan Dikmas bertugas dalam Pengembangan Model PAUD dan Dikmas yang dilaksanakan oleh Pamong Belajar selaku pejabat fungsional.

Tujuan dari Kegiatan Workshop Penerapan Model PAUD dan Dikmas ini adalah memberi dan menerima informasi secara langsung dari seluruh peserta tentang Model PAUD dan Dikmas yang telah dikembangkan oleh BP PAUD dan Dikmas NTT serta mensosialisasikan dan mengimplementasikan hasil pengembangan Model PAUD dan Dikmas yang telah dikembangkan oleh BP PAUD dan Dikmas NTT dan telah divalidasi oleh Direktorat teknis terkait.

Materi yang terdapat pada Workshop Penerapan Model PAUD dan Dikmas antara lain Kebijakan Pengembangan Model oleh BP PAUD dan Dikmas NTT, Kebijakan Pengembangan Model oleh Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Sosialisasi 6 Model PAUD, Sosialisasi 4 Model Kesetaraan dan 2 Model Keaksaraan, Sosialisasi 6 Model Pendidikan Keluarga, dan Sosialisasi 2 Model Kursus dan Pelatihan.

Masing-masing model memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Model-model yang dikembangkan dan telah divalidasi diharapkan mampu sebagai representasi atau pedoman dalam pengelolaan pembelajaran maupun peningkatan mutu pendidikan.

Pengembangan Model PAUD Dan Dikmas merupakan proses yang dilakukan oleh Tim Pengembang yang mengikuti kaidah penelitian terapan. Proses ini berupa rancangan tipe, desain, bentuk deskripsi dan sistem kegiatan yang diproses dengan kaidah-kaidah penelitian ilmiah. Model yang dihasilkan dapat digunakan sebagai representasi atau pedoman oleh kelompok sasaran maupun satuan pendidikan untuk memecahkan masalah di bidang PAUD dan Dikmas. Selain itu, model yang dikembangkan ini dapat dijadikan pedoman pengelolaan program layanan sebagai upaya peningkatan mutu satuan PAUD dan Dikmas sesuai dengan tingkat kelayakan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Kegiatan Workshop yang dilaksanakan ini diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan Model PAUD dan Dikmas yang telah di kembangkan oleh  BP PAUD dan Dikmas Nusa Tenggara Timur pada Tahun 2017, 2018, dan 2019. (CM)

 

diunggah oleh: Tim Pengelola Laman BP PAUD dan Dikmas NTT

Statistik Pengunjung

1.png0.png7.png5.png1.png
Today31
Yesterday49
This week31
This month1268
Total10751

Who Is Online

1
Online