Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD di Era Pandemi COVID-19

KUPANG - Covid-19 (virus corona) kini menjadi pandemi yang sangat serius dan berbahaya di seluruh dunia. Pencegahan meluasnya virus corona kini telah menjadi prioritas utama di Indonesia termasuk di NTT. Segala kegiatan yang mengundang keramaian, kerumunan, dan interaksi sudah mulai di blokade, termasuk bersekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) pada 24 Maret 2020. Salah satu kebijakannya yaitu menetapkan bahwa proses belajar selama masa pandemi dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Dengan demikian, tidak akan terjadi tatap muka antara guru dengan siswa. Padahal, interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran sangat penting untuk mengetahui kemajuan proses belajar siswa. Dengan adanya proses belajar daring, guru harus benar-benar memerhatikan belajar siswa yang dilakukan secara online.

Peran guru kini sangatlah penting mengingat proses belajar sudah tidak bisa bertatap muka lagi. Guru harus benar benar berupaya semaksimal mungkin agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan secara online. Guru adalah orang pertama dan utama sebagai pendidikan negara mengingat pendidikan adalah wadah pencetak generasi bangsa.

Bagi anak itu sendiri, belajar di rumah sama menyenangkannya dengan belajar di sekolah, karena dunia mereka adalah dunia bermain. Dimanapun anak berada, lingkungan di sekitarnya menjadi wahana investigasi dan eksperimentasi pengalaman belajar mereka. Namun tidak demikian dengan orangtua yang mendadak harus berperan sebagai fasilitator bagi anakanaknya, demikian pula bagi pendidik. Bukan berarti peran pendidik dalam menerapkan kebijakan belajar dari rumah hanya memberikan penugasan saja kepada orangtua untuk mendidik anaknya. Tetapi, pendidik perlu merencanakan, berinteraksi dan berkomunikasi dengan orangtua serta menilai pembelajaran dan perkembangan anak selama belajar di rumah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa penting untuk memfasilitasi dan meningkatkan kompetensi Pendidik pada masa Belajar Dari Rumah (BDR). Para Pendidik memerlukan pelatihan yang ekstensif dan intensif sebelum dapat langsung menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dengan optimal. Akan tetapi, pelatihan semacam itu tentu harus mempertimbangkan keadaan darurat saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Pelatihan melalui daring atau melalui video conference.

Dalam rangka memfasilitasi dan meningkatkan kompetensi Pendidik di era Pandemi Covid-19, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Timur (BP PAUD dan Dikmas NTT) akan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Daring) bagi Guru, Mitra, dan Penilik PAUD dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR).

Kegiatan Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Daring) bagi Guru, Mitra, dan Penilik PAUD dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 22-27 Juni 2020 dan melibatkan 22 Kabupaten/Kota yang ada di Nusa Tenggara Timur. Peserta Bimbingan Teknis berasal dari unsul Dinas (Penilik PAUD/Pengawas TK) dan Organisasi Mitra Guru Kabupaten/Kota (Ketua PKG/Ketua IGTKI/Ketua HIMPAUDI/Ketua IGTKI/Ketua Gugus).

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi peserta dalam memahami pentingnya bermain bagi anak; merancang kegiatan bermain anak di rumah yang bermuatan matematika, sains, bahasa, seni kriya, dan music; menyusun RPP sederhana dalam pelaksanaan belajar dari rumah; melaksanakan penilaian hasil belajar anak selama belajar dari rumah; membangun komunikasi efektif dengan orangtua; melaksanakan dukungan psikologi awal anak; memberikan pengasuhan positif; serta menggunakan media daring.

 

Penulis: Cyntia Meok

 

Statistik Pengunjung

2.png9.png8.png7.png7.png
Today198
Yesterday256
This week787
This month3132
Total29877

Who Is Online

2
Online