Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021, Bangkit! Kita Bangsa Yang Tangguh!

Kupang – BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT melaksanakan Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-113 pada hari Kamis (20/05/2021).

Upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 WITA ini dipimpin langsung oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT, Maria B. Advensia, S.H., M.Hum. dan di damping oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Felipus Merukh, S.H., Widyaprada Ahli Madya, Drs. Abdul Hamid, M.Pd., dan Widyaprada Ahli Muda, Maria Ngongo, S.Sos.

Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-113 dihadiri oleh seluruh Pegawai BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT, baik PNS maupun Non-PNS dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Peringatan 113 tahun Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021 ini bertujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19 dalam semangat seperti tema Kebangkitan Nasional Tahun 2021, “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional saat ini dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh. “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”. Tema ini mengingatkan bahwa semangat Kebangkitan Nasional mengajari kita untuk selalu optimis menghadapi masa depan. Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini.

Seratus tiga belas tahun Indonesia menjaga nasionalisme. Ini bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Rentang sepanjang itu membuktikan bahwa dalam inti semangat tersebut terdapat sebuah ketangguhan yang mendasar, yang tidak mudah runtuh oleh badai dan krisis apapun. Kesadaran akan ketangguhan bangsa inilah yang harus kita sadari kembali sebagai bekal untuk menghadapi situasi seperti pandemi ini.

Tantangan demi tantangan di masa lalu sampai sekarang ini tak kurang hebatnya, kita tangguh bertahan. Kendala kemajemukan dan keluasan rentang geografis adalah tantangan yang tak main-main, kita tangguh menghadapi. Jangan sampai karakter sebagai bangsa yang tangguh ini menjadi luntur karena pandemi.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, yang disampaikan oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT selaku Pembina Upacara, Maria B. Advensia, S.H., M.Hum., dijelaskan bahwa Boedi Oetomo telah meletakkan dasar-dasar Kebangkitan Nasional bagi bangsa Indonesia. Tiga hal penting yang diretas Boedi Oetomo adalah pertama, cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusiaan; kedua, memajukan nusa dan bangsa; serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi. Senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya.

Pandemi Covid-19 berhasil memaksa kita untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan kita secara drastic, seperti interaksi fisik atau tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi.

Dengan adanya kondisi ini, Indonesia bahkan di seluruh dunia, tanpa sadar melakukan perubahan atau pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan dari non-digital menjadi digital.

 

 

Penulis: Cyntia Meok

diunggah oleh Tim Pengelola Laman BP PAUD dan Dikmas NTT

Statistik Pengunjung

1.png5.png5.png4.png4.png1.png
Today292
Yesterday635
This week927
This month18248
Total155441

Who Is Online

4
Online