Webinar: Sosialisasi Fasilitasi Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Oleh BP PAUD Dan Dikmas Provinsi NTT

Webinar: Sosialisasi Fasilitasi Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Oleh BP PAUD Dan Dikmas Provinsi NTT

 

KUPANG – Pendidikan di Indonesia membutuhkan standar nasional yang memerlukan penyesuaian terhadap dinamika dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta kehidupan masyarakat untuk kepentingan peningkatan mutu pendidikan (merujuk pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan). Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan digunakan pada pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan masyarakat pada jalur pendidikan formal, jalur pendidikan nonformal, dan jalur pendidikan informal.

Standar Nasional Pendidikan digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan Pendidikan untuk mewrrjudkan tujuan Pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan juga selalu disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu Pendidikan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Penyempurnaan tersebut dimaksudkan agar Standar Nasional Pendidikan tetap mutakhir dan relevan, sehingga dapat mendukung akselerasi peningkatan mutu sistem Pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Beberapa hal yang menjadi pokok penyempurnaan pengaturan dilakukan terhadap susunan Standar Nasional Pendidikan, kurikulum, evaluasi hasil belajar Peserta Didik, dan evaluasi sistem Pendidikan.

Pendidikan nasional berfungsi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengembangan potensi setiap warga negara tanpa kecuali. Pendidikan nasional yang bermutu merupakan fondasi pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan mampu secara proaktif menjawab tantangan zaman yang terus berubah. Untuk mewujudkan sistem Pendidikan nasional yang bermutu, diperlukan Standar Nasional Pendidikan yang menjadi pedoman dasar bagi penyelenggaraan Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan meliputi kriteria minimal tentang berbagai aspek Pendidikan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara dan Satuan Pendidikan.

Selanjutnya, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2015 pasal 1 menyebutkan bahwa Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka setiap program dan satuan pendidikan harus dikembangkan agar mencapai Standar nasional Pendidikan. Sampai saat ini, sebagian besar Satuan PAUD dan Dikmas belum terakreditasi. Untuk itu harus dilakukan pembinaan, pembimbingan, fasilitasi dan pendampingan berdasarkan data yang akurat, aktual dan objektif. BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT sudah merancang berbagai program kegiatan untuk mendorong percepatan akreditasi bagi lembaga PAUD dan Dikmas di NTT antara lain Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Mutu hingga analisisnya yang kemudian menghasilkan rekomendasi peningkatan mutu yang didiseminasikan kepada para pemangku kepentingan di Kabupaten/Kota di NTT.

Atas dasar inilah, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT) melaksanakan Webinar: Sosialisasi dan Fasilitasi Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan pada Selasa (22/06/2021), tepat pukul 09.00 WITA.

Tujuan kegiatan Webinar: Sosialisasi dan Fasilitasi Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan adalah  sebagai berikut:

  1. Untuk memberikan informasi kepada peserta  tentang Peran BP PAUD dalam meningkatkan Penjaminan Mutu Pendidikan
  2. Untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang Standar Nasional Pendidikan  PAUD
  3. Untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang Standar Nasional Pendidikan  PKBM
  4. Untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang  Peran PKBM dalam mendorong Percepatan Akreditasi Satuan PNF NTT.

Materi pada kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan 2021 ini berjumlah 8 jam pelajaran (JP), dengan durasi masing-masing jam pelajaran adalah 45 menit.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari unsur BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT, Asessor BAN PAUD dan PNF, dan Forum PKBM Bintang Flobamora sebagai berikut:

  1. Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT, Maria B. Advensia, S.H., M.Hum., dengan judul materi Peran BP PAUD dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Nusa Tenggara Timur.
  2. Asessor BAN PAUD dan PNF yang juga merupakan Kepala Seksi Kesos Tuna Netra Hitbia Dinas Sosial Provinsi NTT, Drs. Yohanes Hani, M.Pd., dengan judul materi Instrumen PKBM berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan.
  3. Asessor BAN PAUD dan PNF yang juga merupakan Kepala Sekolah TK Barunawati, Sari Dewi Astuti, Pd,Gr., dengan judul materi Instrumen PAUD berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan.
  4. Ketua PKBM Bintang Flobamora Kota Kupang, Polikarpus Do, S.S., dengan judul materi Peran PKBM dalam Mendorong Percepatan Akreditasi Satuan PNF NTT.

Peserta kegiatan webinar ini terdiri dari unsur Kepala Bidang  PAUD dan PNF,  Kepala SPNF seluruh Kabupaten, Kepala Seksi Kesetaraan Dan PAUD  Pengawas, Penilik, yang ada di 22 Kabupaten/Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

BP PAUD dan Dikmas Provinsi NTT berharap kegiatan ini dapat mengedukasi peserta sosialisasi agar peserta mampu memahami tentang peran BP PAUD dan Dikmas NTT tentang dalam meningkatkan Penjaminan Mutu Pendidikan. Selain itu, peserta juga mampu memahami tentang 8 Standar Nasional Pendidikan baik PAUD maupun PKBM yang  berdasarkan PP 57 tahun 2021. Dan juga peserta memahami tentang  Peran PKBM dalam mendorong Percepatan Akreditasi Satuan PNF Provinsi NTT.

 

Penulis: Chyntia M
diunggah oleh Tim Pengelola Laman BP PAUD dan Dikmas NTT

Statistik Pengunjung

1.png8.png6.png6.png9.png5.png
Today205
Yesterday657
This week2923
This month9712
Total186695

Who Is Online

3
Online